Skip to main content

Efek Penggunaan Ear Phone Saat Bekerja


Saat ini dengan berkembangnya teknologi informasi dan elektronik, semakin mudah orang untuk mengakses berbagai macam informasi, hiburan, melalui berbagai macam peralatan elektronik, tidak ketinggalan tentunya handphone yang dilengkapi dengan berbagi fitur – fitur hiburan yg menarik, musik, akses internet, televisi, game dll.


Banyak sekali manfaat yang kita peroleh, untuk mengurangi kepenatan atau stress karena pekerjaan, namun demikian sebagai orang yang peduli terhadap safety kita juga harus peduli terhadap kesehatan tubuh kita.

Pada tema safety talk ini, kita mencoba mengangkat penggunaan earphone yang banyak dipakai oleh karyawan atau teknisi kita saat mereka sedang bekerja. Mari kita evaluasi kembali manfaat dan efek penggunaan earphone dengan membaca cuplikan artikel di bawah ini.

Metrotvnews.com, Illinois:
Hati-hati bagi mereka yang suka mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Sebab, hasil penelitian yang dirilis di Illinois, Amerika Serikat, baru-baru ini, menyebutkan terlalu sering mendengarkan musik digital dengan menggunakan earphone dapat mengganggu pendengaran.

Para peneliti dari Northwestern University, Illinois, mengingatkan agar para penggemar digital musik seperti MP-3 player dan Ipod berhati hati dalam mendengarkan musik dengan earphone karena dapat merusak pendengaran.
Peringatan ini sebenarnya telah sering dibuat. Bahkan sejak 1980 an, para ahli audio telah mengingatkan bahaya mendengarkan musik dengan earphone. Namun, tampaknya para pengguna MP-3 maupun Ipod cenderung mendengarkan musik dengan volume tinggi.

Hasil survei terhadap warga New York, AS, yang menggunakan MP-3 Player mengindikasikan kebanyakan mereka sudah tahu bahaya mendengarkan musik dengan keras melalui earphone. Namun, mereka tampak tidak peduli dan tetap menyetel musik dengan keras.
Doktor Jefri dari University of Georgetown di Washington DC mengatakan, orang berusia antara 20 sampai 30 (Usia produktif) tahun yang paling parah terkena dampak dari mendengarkan musik keras-keras melalui earphone ini.

Istirahatkan Telinga Anda...

BACA JUGA

Kompas, Jakarta,

Dr. Siti Faisa Abiratno, Sp. THT, MSc, dokter spesialis THT di Lab. Audiologi A. Kasoem, Cikini, Jakarta menyarankan untuk mengistirahatkan telinga dari kebisingan. Paling tidak setelah 2 - 3 jam menggunakan headphone atau earphone.
Faisa menambahkan, sebaiknya mendengarkan MP3 tidak terlalu keras, volumenya cukupan saja. Kalau terlalu keras, tentu tidak nyaman mendengarkannya.
Menurut Faisa, suara yang sangat keras dapat mengakibatkan kerusakan sementara ataupun permanen pada organ pendengaran.
Berat-ringannya kerusakan tergantung pada frekuensi suara, derajat kekerasannya, serta lamanya rangsangan suara di telinga.
Kerusakan sementara bisa berupa kualitas pendengaran menurun dan telinga berdenging (tinnitus) setelah mendengar suara keras. Kerusakan sementara ini bisa menjadi permanen kalau masih terus saja dipapari suara keras.

Susunan organ telinga kita terdiri atas liang telinga, gendang telinga, tulang-tulang pendengaran, dan rumah siput. Suara berdenging itu akibat rambut getar yang ada di dalam rumah siput tidak bisa berhenti bergetar. Kemudian getaran ini diterima saraf pendengaran dan diteruskan ke otak. Lantas, terdengar suara denging tadi.

Menurut Faisa, lebih baik menjaga organ pendengaran tetap sehat, terutama organ rambut getar dalam rumah siput ini. Rusaknya gendang telinga dan tulang pendengaran masih bisa diatasi dengan operasi dan obat-obatan. Namun, kalau rumah siput yang rusak, tidak bisa dibetulkan.

Di dalam rumah siput yang begitu kompleks terdapat ratusan rambut getar, materi penting yang menghantarkan suara ke saraf dan berlanjut ke otak. Kalau sudah banyak rambut getar “rontok”, otomatis pendengaran juga berkurang.

Maka, ada baiknya mengistirahatkan telinga dari suara bising dan mencari keheningan. Pendengaran yang terganggu biasanya ditandai dengan mudah marah, pusing, mual, dan mudah lelah.
Dengar musik oke saja, tetapi jangan terlalu keras, karena dapat membuat Anda sakit telinga! .***

Dari cuplikan artikel di atas sangat jelas penggunaan earphone untuk mendengarkan musik yg dikombinasikan MP3 player, CD player atau handphone dapat mengganggu kesehatan telinga kita apabila berlebihan.

BACA JUGA
Bekerja dalam lingkungan yang bising akan memicu orang untuk menaikkan volume musik yang sedang didengar, sehingga telinga kita akan mengalami paparan yg lebih banyak, dari lingkungan dan juga dari earphone kita.

Dari segi keselamatan menggunakan earphone untuk mendengarkan musik sambil bekerja juga beresiko terjadi kecelakaan misal tersandung atau terpeleset saat berjalan karena tidak memperhatikan lingkungan sekitar atau kurang konsentrasi.

Orang akan cenderung konsentrasi atau asyik pada musik dan lengah terhadap kondisi disekitarnya. Pekerjaan yang dilakukan dengan konsentrasi yang terpecah atau tidak fokus dapat mengakibatkan kesalahan pekerjaan yg juga berakibat pada kualitas pekerjaan. Misalnya tidak konsentrasi mengakibatkan seorang teknisi / karyawan salah memasang komponen, salah meng-input data, redo job tentunya tidak kita inginkan akibat kelalaian ini.

Mari kita diskusikan manfaat dan efek penggunaan earphone dalam safety talk kita hari ini.....Terima kasih

Comments

  1. pengunaan earphone atau TWS saat kerja bisa membuat kita sedikit tenang, namun jika terlalu lama memakainya maka akan menggangu pekerjaan kita

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bahaya Memakai Perhiasan Di Tempat Kerja

Bila dipakai pada tempatnya, perhiasan akan menciptakan keindahan yang menawan. Namun memakai perhiasan di tempat kerja ternyata mempunyai potensi bahaya yang sangat besar. Jangan memakai cincin, gelang atau kalung di tempat kerja sebab: BACA JUGA Minuman favorit perusak tubuh Efek penggunaan earphone ditempat kerja Mengenal bahaya timbal atau Pb Cincin, gelang, dan kalung bisa menyangkut pada mesin-mesin yang berputar yang akan menarik anda ke dalam putaran mesin tersebut. Cincin atau gelang anda bisa menyangkut pada sesuatu yang menonjol ketika anda terpeleset, jatuh, atau meloncat dari ketinggian. Cincin, gelang atau kalung anda dapat mengalirkan arus listrik ketubuh anda. Ingat barang-barang tersebut adalah penghubung arus listrik ketika anda bekerja dengan peralatan listrik. Kecelakaan yang disebabkan oleh perhiasan dapat mengakibatkan hilangnya jari tangan atau bahkan kematian. Pastikanlah untuk selalu melepas perhiasan anda sebelum mulai bekerja. Hal itu bisa menyelamatkan jar

Bahaya Getaran (Vibration) ditempat kerja

Dalam kegiatan sehari – hari di workshop atau bahkan di rumah kita sering menggunakan peralatan / tools yang menimbulkan getaran. Dari segi kesehatan getaran dapat menimbulkan beberapa resiko bagi kesehatan. Contoh mesin loundry yang bergetar dapat memajani petugas melalui transmisi/penjalaran, baik getaran yang mengenai seluruh tubuh ataupun getaran setempat yang merambat melalui tangan atau lengan operator. Safety talk kali ini akan membahas mengenai bahaya getaran bagi tubuh kita Definisi Getaran atau vibrasi adalah faktor fisik yang ditimbulkan oleh subjek dengan gerakan osilasi. Vibrasi dapat terjadi local atau seluruh tubuh. BACA JUGA Pedoman keselamatan pada jari dan tangan Bahaya menjadi tukang las atau welder MInuman favorit perusak tubuh Efek kesehatan : Terhadap sistem peredaran darah : Dapat berupa kesemutan jari tangan waktu bekerja, Terhadap sitem tulang, sendi dan otot, berupa gangguan osteo articular (gangguan pada sendi jari tangan ) Terhadap system syaraf : Paraste

Bahaya Menjadi Tukang Las (Welder)

Terdapat beberapa segi negatif dari pekerjaan ”Tukang Las” diantaranya adalah berasal dari faktor zat kimia yang terdiri dari elektroda, asap, debu dan gas, kemudian dari zat biologis yaitu bakteri, zat fisik yaitu kebisingan dan temperatur serta dari sisi ergonomik. Pada pekerja las yang diamati akan dilihat mengenai dampak pneumoconiosis adalah metode pengelasan yang digunakan adalah Arc Welding atau menggunakan bahan Consumable Electrodes. Material ini akan dapat membuat pekerja las sering tepapar gas-gas berbahaya dan partikulat asing. Proses-proses seperti pengelasan dengan flux-cored arc welding dan shielded metal arc welding akan menimbulkan asap yang mengandung partikel-partikel yang terdiri dari berbagai macam tipe-tipe oksida. Gas-gas berbahaya ini akan dapat mengakibatkan penyakit Metal Fume Fever bagi pekerja. Metal Fume Fever terjadi akibat terhisapnya uap atau asap (Fume) dari Zn, Mg, atau Oksida-nya. Kondisi dermatitis industri dapat dilihat dari segi zat fisis yaitu